Toyota dan Nissan kompak terjun ke dunia Metaverse, menyusul produsen mobil lainnya yang sudah terlebih dahulu mengeksplorasi serta memanfaatkan kelebihan yang ada di dalam realitas virtual tersebut.
Toyota sendiri adalah sebuah pabrikan mobil yang berasal dari Jepang dan berpusat di Toyota, Aichi. Merek yang didirikan oleh Kiichiro Toyoda ini sedang menjadi salah satu penghasil mobil terbesar di dunia lho!
Sementara itu, Nissan Motor Co., Ltd. merupakan produsen mobil asal Jepang juga, yang didirikan pada 26 Desember 1933 dan masih menjadi merek mobil ter-favorit di seluruh dunia, khususnya Asia.
Dibalik persaingannya yang sangat ketat, ternyata kedua produsen mobil asal negeri sakura ini sama-sama memiliki ketertarikan khusus mengenai dunia Metaverse. Bahkan, baik Toyota maupun Nissan sudah dipastikan terjun ke lautan Metaverse untuk mengembangkan sayap perusahaannya.
Toyota dan Nissan Resmi Jajaki Dunia Metaverse
Menurut laporan resminya, Nissan sudah meluncurkan ruang pameran virtualnya yang bisa digunakan untuk memperkenalkan mobil-mobil terbarunya kepada semua orang.
Baca Juga: Animoca Brands dan Planet Hollywood Berkolaborasi Hadirkan NFT
Berbeda dengan Nissan, Toyota malah lebih memilih untuk membuat work space virtual yang diklaim akan sangat bermanfaat untuk seluruh karyawan Toyota.
Ruangan pameran yang bernama Nissan Crossing ini menggunakan sistem antarmuka augmented reality Invisible-to-Visible dan pihak Nissan berharap agar perusahaannya mampu membuat “Kemungkinan tak terbatas untuk layanan dan komunikasi yang akan membuat mengemudi lebih nyaman, nyaman, dan mengasyikkan,” tulis Nissan dalam situs web resminya.
Disisi lain, Toyota akan membuat ruangan kerja virtual yang dilengkapi dengan avatar 3D sehingga antara seluruh karyawannya dapat tetap berkomunikasi di ruangan virtual tersebut. Yang gak kalah keren, ruangan ini bisa digunakan untuk melakukan rapat lho guys.
“Dengan lebih banyak orang yang bekerja dari rumah karena virus corona, kami menyediakan karyawan muda dan opsi komunikasi lainnya di dalam perusahaan,” kata perwakilan Toyota.
Bukan cuma Toyota dan Nissan aja nih yang sudah menggeluti dunia Metaverse, sebelumnya ada beberapa produsen mobil lainnya yang sudah terlebih dahulu memanfaatkan teknologi Metaverse, seperti Volkswagen (VW), Mercedez-Benz, McLaren, Lamborghini dan Ferrari.
Baca Juga: 5 Perusahaan yang Menerima Pembayaran Melalui Bitcoin
Dalam waktu dekat, banyak ahli yang memprediksi jika akan ada produsen mobil lainnya yang ikut menggeluti Metaverse untuk kepentingan perusahaannya. So, kita tunggu kabar selanjutnya saja ya guys!