Player dan Talent Dota 2 Kritik Valve yang Biarkan Ekosistem Dota 2 Mati

Player dan Talent Dota 2 Kritik Valve yang Biarkan Ekosistem Dota 2 Mati. Saat ini ekosistem esports Dota 2 bisa dikatakan sedang tidak baik-baik saja karena minimnya pengaruh Valve.

Di masa pandemi virus corona (Covid-19) ini Valve seolah-olah tidak peduli dengan ekosistem esports Dota 2. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya turnamen resmi dari Valve.

Bahkan kejelasan tentang Dota Pro Circuit (DPC) 2019-2020 saja masih belum ada hingga sekarang. Apalagi kejelasan mengenai kapan The International 10 akan diselenggarakan, padahal kompetitor Valve seperti Riot Games masih bisa menyelenggarakan Worlds 2020.

LoL Worlds 2020
Photo via: Dexerto

Hal ini berimbas pada organisasi esports yang mempunyai divisi Dota 2, sebut saja Reality Rift dan juga CR4ZY yang harus membubarkan divisi Dota 2 mereka karena tidak berkembangnya ekosistem esports Dota 2 di masa pandemi.

Menurut support dari CR4ZY yaitu David “MoonMeander” Tan, ia berterima kasih kepada organisasi atas dedikasinya dan menunjukkan gangguan DPC karena Covid-19. Dalam tweetnya, dia menyesalkan ketidakmampuan Valve untuk menyelenggarakan turnamen Dota 2 selama sisa tahun 2020 di kancah Amerika Utara meskipun menerima sejumlah besar $ 120.000.000 dari Battle Pass.

BACA JUGA: Caster Dota 2 China Sebut Sylar Dapat Perlakuan Tidak menyenangkan di 4AM

Dia juga menunjukkan masa depan DPC 2020-2021 yang tidak jelas seperti yang baru saja disebutkan Valve dalam pernyataannya pada bulan September bahwa kemungkinan akan dilanjutkan pada Jan-Feb 2021.

Maurice “KheZu” Gutmann juga mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap Valve atas tidak adanya bantuan ke kancah Dota 2, terutama di Amerika Utara dimana hanya ada satu tim yang disponsori sekarang yaitu Evil Geniuses.

BACA JUGA: OG N0tail Sebut Tim Regional Ini Akan Sangat Berbahaya di TI 10

Host Dota 2 yaitu Alan “Nahaz” Bester menegaskan bahwa alasan suramnya ekosistem esports Dota 2 bukan hanya karena pandemi. Dia bersikeras bahwa Valve perlu melangkah untuk mendukung lebih banyak organisasi Dota 2.

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, dan ikuti Instagram dan Youtube kita.

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru