Game Free Fire yang original memang telah menjadi salah satu game mobile paling populer di dunia, namun Garena sering menerima kritik mengenai grafik game yang lebih rendah dibandingkan game battle royale lainnya seperti PUBG Mobile, Fortnite dan Call of Duty Mobile. Sebab itulah Garena tengah mengembangkan Free Fire Max yang akan membawa grafik game yang lebih bagus dari FF original dan juga memberi pengalaman gaming yang lebih menyenangkan kepada pecinta game tersebut. Namun dengan grafik yang lebih baik datanglah pertanyaan, apakah Free Fire Max bisa jalan di HP kentang? Ini Jawabannya!

Apa itu HP Kentang?

Sumber: Youtube Adam Hyper

Bagi Spinners yang tidak tahu, “HP kentang” pada dasarnya adalah smartphone yang tidak memiliki fitur dan spesifikasi yang mencukupkan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang berat. Biasanya HP mempunyai RAM dibawah 1GB, CPU yang rendah dan Operating System yang tua. 

Ini adalah salah satu alasan mengapa Free Fire menjadi terkenal, karena game ini hampir dapat dimainkan oleh semua jenis smartphone bahkan “HP kentang”. FF tidak menuntut pemain untuk memiliki smartphone yang kuat karena spesifikasi minimum game ini pun cukup ringan.

Apakah Free Fire Max bisa jalan di HP Kentang?

Sayangnya, HP kentang sepertinya tidak akan mampu untuk menjalankan aplikasi Free Fire Max yang akan datang ke Android dan iPhone. Menurut dari bocoran informasi yang diterima, untuk memainkan Free Fire Max, pemain FF juga harus menjalankan OpenGL ES 3.0. 

OpenGL ES3.0 adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk rendering aplikasi berat, dan aplikasi ini sendiri hanya mendukung pengguna OS Android versi 4.3 dan iOs 7 ke atas. Sehingga “HP kentang” yang memiliki OS dibawah ini tidak dapat menjalankan Open GL.

Baca Juga:  Free Fire Max Beta 2.0 Selesai, Akan Segera Rilis?

Belum lagi Free Fire Max memiliki spesifikasi minimum RAM sebesar 2GB dan size game ini pun juga akan bertambah sekitar 2GB. Tentunya dengan spesifikasi minimum seperti ini, pengguna HP kentang akan mengalami kesulitan untuk memainkan Free Fire Max. Kalaupun mereka bisa memainkannya, game yang akan sangat lagging dan smartphone kamu akan cepat panas (dapat merusak baterai HP).

Tentunya Garena ingin semua pemain FF untuk dapat memainkan Free Fire Max, namun dengan meningkatnya kualitas game, spesifikasi minimum untuk menjalankannya pun akan meningkat. Untungnya, sekarang kamu sudah bisa membeli HP dengan spesifikasi yang tinggi dan harga yang murah, jadi jika kamu menabung sedikit, kamu akan dapat memainkan Free Fire Max!


Jangan lupa kunjungi terus website kita, untuk dapetin berita seputar eSports terupdate dan ikuti Facebook kita!