Salah satu idol group besutan SM Entertainment, aespa, baru-baru ini merilis debut single mereka yang berjudul “Black Mamba”. Namun, mereka dituduh menjiplak K/DA si idol group virtual.

Salah satu idol group virtual buatan Riot Games,K/DA, menjadi primadona bagi para pecinta League of Legends maupun pecinta musik K-Pop. Nama mereka sempat melejit setelah beberapa minggu sebelumnya memberikan penampilan yang apik diatas panggung.

Namun, idol group ini kembali naik namanya ketika salah satu agensi ternama asal Korea Selatan tersangkut masalah dengan mereka.

SM Entertainment adalah agensi ternama Korea Selatan yang tersangkut masalah plagiarisme karena salah satu idol group terbaru mereka, aespa.

BACA JUGA: Grup Pop Virtual LoL K/DA Luncurkan EP Pertamanya, ALL OUT! 

Aespa merupakan idol group besutan SM Entertaiment yang beranggotakan Karina, Giselle, Winter, dan Ningning. Mereka sendiri baru melakukan debut pada tanggal 17 November kemarin dengan single “Black Mamba”.

Namun, video klip dari debut single, “Black Mamba” inilah yang menjadi permasalahan terkait plagiarisme dengan K/DA. Video klip tersebut dianggap mirip dengan video klip Pop/Star milik K/Da.

Hal ini terlihat dari tempat pengambilan gambar di kereta bawah tanah, warna dominan neon yang diusung, hingga keseluruhan estetikanya.

Selain video klip Aespa yang dianggap mencontek K/DA, sebelumnya manajemen aespa juga merilis versi AI members yang juga tidak kalah mirip dengan model K/DA dan mendapat kecaman dari berbagai pihak.

Aespa juga nampaknya seperti mendapat pepatah, “sudah jatuh, tertimpa tangga pula”, karena setelah dianggap menjiplak K/DA, mereka juga dianggap menjiplak karya dari artis visual asal Jerman, Timo Helgert, yang diunggahnya melalui akun Instagram @vacades miliknya.

Ia menjelaskan bahwa ada dua karyanya yang dijiplak oleh SM Entertainment, yaitu kereta bawah tanah dengan lapangan bunganya dan kereta bawah tanah dengan ular yang melintas.

Baca Juga: Wanita Ini Tuduh League of Legends Ambil Wajahnya Untuk Buat Seraphine

Walaupun dianggap menjiplak, tidak membuat penonton dari video klip “Black Mamba” ini berpaling dan tidak menontonnya sama sekali. Hingga saat ini, video klip teranyar mereka sudah ditonton oleh 16juta orang sejak pertama kali dirilis.

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk informasi lainnya, dan ikuti Instagram dan Youtube kita