Build dan Gameplay Khaleed Tank Mobile Legends 2020

Khaleed adalah salah satu hero baru yang dirilis Mobile Legends di season 17 bulan Agustus 2020. Popularitas hero ini melejit setelah beberapa kali menuai kesuksesan di MPL Season 6 kemarin. Bahkan sekarang menurut statistik, 37% Khaleed terkena ban di match Mobile Legends.

Yang lebih spesialnya lagi, hero ini bisa dimainkan di 2 posisi yaitu sebagai Fighter atau Tank. Awal-awal hero ini dirilis hampir semua menggunakan hero ini sebagai Fighter di sidelane, namun beberapa tim MPL pun mencoba Khaleed sebagai tank dan sukses besar!

Khaleed bisa sukses menjadi tank karena:

  • Memiliki skill heal yang OP
  • Damage yang sakit dari early ke mid game tanpa perlu banyak item damage
  • Memiliki mobilitas tinggi karena pasif Sand Walk nya

Karena itu penulis akan menjabarkan item build, emblem, spell, dan gameplay Khaleed Tank Mobile Legends.


Diamond MLBB Murah


Item Build Tipe Physical Defense

Physical Defense Build Khaleed Tank

1. Warrior Boots

Boots terbaik melawan hero-hero physical damage.

2. Antique Cuirass

Ini adalah item armor terbaik untuk melawan hero core physical damage lawan. Karena Antique Cuirass memberikan +920 HP, +54 Physical Defense, +6 HP Regen dan pasifnya yang OP yaitu mengurangi physical damage sebanyak 10% yang bisa di stack 3 kali (max 30%!).

Ini item build yang sangat penting untuk Khaleed Tank karena akan sering berada di lini depan untuk menahan hujan damage dari lawan. Dijamin kalau kalian sudah mendapat item ini, akan jauh lebih mudah untuk bar-bar dan rusuh di depan.

3. Oracle

Item ini merupakan item sinergi terbaik dengan skill ke 2 Khaleed yang bernama Quicksand Guard. Dengan Oracle, Khaleed bisa ngeheal dengan sangat cepat bahkan dari sekarat bisa full lagi HP nya dan reset war lagi.

4. Immortality

Bayangin sudah ada heal udah gitu keras. Dan Khaleed bukan tank yang bisa didiemin karena Damage dari Khaleed masih sakit meskipun tidak memiliki item damage.

Itu dikarenakan skill 1 nya yang bernama Desert Tornado adalah spell yang akan bertambah sakit ketika mengenai musuh secara berkali-kali, dan Khaleed Tank adalah hero yang selalu mepet dengan musuh sehingga hero core dan support lawan dijamin akan kesakitan terkena skill Khaleed Tank.

Sehingga Khaleed juga pasti akan tetap menjadi incaran untuk dibunuh oleh lawan, nah tetapi dengan Immotality kalian bisa hidup lagi dan tinggal nge heal sehingga HP kalian udah full lagi. Bayangin harus kill Khaleed Tank selama 2x dalam teamfight, kayaknya tim lawan sudah kena wipe-out duluan.

5. Queen’s Wings

Queen’s Wings memiliki pasif OP yang akan mengurangi damage yang diterima dari lawan sebanyak 40% selama 5 detik ketika HP dibawah 40%. Bayangin kalau kalian juga punya Antique Cuirass kalian hanya menerima damage 30% (40% dari Queens Wings + 30% dari Antique Cuirass). Anggap aja kalau lawan auto attack critical 1000, kalian hanya menerima 300 saja!

Udah tiba2 jadi tanky banget terus tinggal ngeheal pula. Dijamin udah ada item ini kalian bener2 susah banget matinya.

6. Dominance Ice

Ini merupakan item yang cukup baik dibeli Khaleed Tank karena efek defense tinggi, tambahan movement speed, pengurangan cooldown, dan efek attack speed dan movement slow ke hero lawan.

Semua atribut diatas sangat berguna untuk Khaleed yang harus selalu menempel kepada lawan. Sehingga item ini cocok dibeli Khaleed Tank.

BACA JUGA: Item Terbaik di Meta Mobile Legends Season 18 (Oktober 2020)

Item Build Tipe Magic Defense

Magic Defense Build Khaleed Tank

Kalian bisa switch build kalian ke Magic Defense ketika kalian melawan lebih dari 1 hero mage dengan burst tinggi di tim musuh.

1. Tough Boots

Boots terbaik melawan hero support & mage dengan magic damage tinggi.

2. Antique Cuirass

Meskipun kalian melawan team magic, tetapi hampir tidak mungkin mereka tidak memakai hero physical sama sekali. Sehingga memiliki Antique Cuirass tetap wajib untuk Khaleed di early game. Di early game ini spell Mage belum benar-benar berasa sakit karena Mage membutuhkan setidaknya 2 core item baru benar-benar sakit.

Item ini tetap wajib dibeli ke 2 setelah boots apalagi kalau kalian melawan hero hyper core physical.

3. Athena Shield

Item counter magic defense terbaik. Item ini memberi bonus +900 HP, +62 Magic Defense, +4 HP Regen, dan pasif pengurangan magic damage yang diterima sebanyak 25% selama 5 detik!

4. Oracle

Oracle selain memiliki benefit yang sudah dijelaskan diatas, item ini memiliki Magic Defense tertinggi kedua sehingga membantu pertahanan kalian melawan Magic seain dari efek peningkatan heal.

5. Immortality

Item Wajib Khaleed baik melawan tim physical atau magic.

6.Queen’s Wings

Banyak yang lupa kalau pengurangan 40% damage dari efek Queen’s Wings juga bekerja melawan Magic Damage. Jadi kalian hanya menerima 60% magic damage. Anggap Cecilion menggunakan Bat Impact dengan damage 1000, kalian hanya menerima 600!

Bayangin kalau item ini dikombo dengan Athena Shield. Kalian hanya akan menerima 35% magic damage dari lawan (40% dari Queens Wings + 25% dari Athena Shield). Anggap aja kalau spell lawan damage 1000, kalian hanya menerima 350 saja!

Inilah item build Khaleed Tank mobile legends yang bisa kalian coba.

BACA JUGA: Trik Lucky Spin Skin Hilda Mobile Legends Terbaru 2020

Emblem dan Spell Khaleed Tank

Emblem terbaik untuk Khaleed Tank adalah emlem Tank – Concussive Blast. Sejatinya Khaleed merupakan hero fighter, sehingga atribute defense nya kurang kuat diawal-awal. Namun hal ini bisa ditutup oleh emblem Tank yang memiliki atribute HP tambahan, physical defense, dan magic defense.

Untuk Concussive Blast sendiri juga sangat cocok digunakan Khaleed dikarenakan sinergi dengan pasif Khaleed yang bernama Sand Walk. Conculsive Blast akan men-damage area ke lawan setiap 15 detik. Lalu Sand Walk juga memberi bonus damage setiap pasifnya aktif.

Untuk spell sebaiknya menggunakan Flicker. Karena Khaleed perlu menempel kepada hero lawan dan perlu kabur disaat sudah hampir mati dan ngeheal di belakang. Jadi flicker adalah spell yang cocok untuk masuk atau keluar dari teamfight.

Gameplay Khaleed Tank

Untuk gameplaynya sendiri mirip dengan Jawhead dan Hilda tank. Yaitu kalian harus sering-sering me-rusuh area jungle musuh, terutama di area buff monster.

Khaleed bisa memposisikan diri di bush dan menunggu lawan mulai memukul hero jungle. Ketika lawan sudah mulai nge-buff, kalian bisa muncul dan langsung skill 1 Desert Tornado ke core lawan. Mau tidak mau core lawan perlu mundur karena damage skill 1 Khaleed sangat perih di awal-awal dan buff pun akan ter-reset.

Ketika hal ini terjadi, pasti hero-hero lawan akan melakukan backup ke arah hero core supaya buff nya dapat diamankan. Nah didalam situasi ini kalain punya 3 pilihan:

  1. Tetap merusuh ke lawan karena backup tim kalian sudah dekat
  2. Mengorbankan diri dengan di gempur 3-4 lawan tetapi tim kalian farming atau mengambil objektif
  3. Kabur menggunakan flicker atau skill pasif yang larinya cepat

Pilihan manapun yang kalian ambil tetaplah baik untuk tim kalian karena mental hero core lawan akan terganggu. Mereka jadi lebih takut farming karena Khaleed Tank akan selalu mengganggu mereka dan bisa muncul dari bush kapan saja.

Untuk detil gameplaynya kalian bisa nonton video dibawah ini. Dia adalah RRQ.VYN sebagai salah satu pencetus dan pemain Khaleed tank terbaik.

https://youtu.be/RRW8Mq_nGgg?t=276

Untuk di mid-game kalian harus pintar-pintar menggunakan ultimatenya Raging Sandstorm. Pastikan skill ini kena ke lawan karena cooldownnya yang cukup lama. Ultimate juga kalian bisa pakai untuk kabur dan nge-heal sebelum kembali ke teamfight.

Pastikan skill 1 kalian Desert Tornado terus mengenai lawan sampai ke tiga kali, karena sekali miss skill tersebut akan berhenti.

Nah demikian item build, emblem, spell, dan gameplay dari Khaleed Tank Mobile Legends. Selamat mencoba Khaleed Tank di mode ranked!

BACA JUGA: Begini Bocoran Mode Baru Mobile Legends – Shadow Brawl!

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk informasi lainnya, dan ikuti akun Instagram dan Youtube kita.

Galih Ramadani
Galih Ramadani
Suka semua game yang ber-adrenalin!

Artikel Terbaru