4 Hero Mobile Legends (ML) yang Perlu di Buff atau Revamp

Membuat sebuah game menjadi balance adalah salah satu hal tersulit bagi setiap game developer. Di setiap pergantian patch atau season, akan ada beberapa hero yang sangat kuat dan masuk meta, dan ada juga hero-hero yang kalah saing dan terbuang dari meta.

Kita bisa lihat ada beberapa hero tertentu yang hampir selalu masuk di ban dan pick di turnamen MPL S6 atau bahkan di ranked match.

Tetapi ada juga hero-hero yang benar-benar terlupakan dan kita bisa lihat dari statistik bahwa hero ini sudah memiliki pick / ban rate rendah, dan juga win-rate rendah.

Inilah ke-empat hero Mobile Legends (ML) yang menurut SPIN Esports perlu mendapat buff atau revamp supaya bisa relevan lagi di meta. Siapa saja heronya?

1. Terizla

Hero terizla ml perlu buff


Diamond MLBB Murah


Di statistik hero untuk tier legends+, Terizla merupakan hero dengan win rate terendah, yaitu 42.3%. Ini merupakan win rate yang sangat rendah, kalian bisa bandingkan dengan Barats yang merupakan hero dengan win-rate tertinggi yaitu 57.9%.

Memang benar bagus atau tidak nya hero paling dipengaruhi oleh sang pilot sendiri, tetapi kalau dianggap skill level sama. Hero Barats jelas jauh lebih unggul dibanding Terizla di meta sekarang ini. Terizla juga merupakan hero yang tidak laku, hanya di pick sebanyak 0.11% dan di ban 0.01%.

Menurut SPIN Esports hero ini adalah hero yang serba tanggung. Damage sakit, tetapi terlalu mudah dibaca dan dihindari lawan. Memiliki skill CC yang cukup baik tetapi susah kena lawan. Menjadi fighter perlu spam skill banyak, tetapi cooldownnya lama.

2. Bane

hero ml bane buff revamp

Bane merupakan hero yang sebetulnya sudah pernah direvamp oleh Moonton sebelumnya. Tetapi bukannya makin populer, hero ini makin tidak laku. Terlihat oleh winrate nya yang hanya 46.5%, pick rate 0.09%, dan ban rate 0.01%.

Bane sebenarnya merupakan hero yang cukup sakit dan dapat melakukan burst damage yang bisa melenyapkan hero-hero empuk dalam sekali kombo. Tetapi kelemahan besarnya adalah kurangnya skill defensive yang biasanya dimiliki oleh fighter jaman now (seperti Khaleed heal, Yu Zhong lompat, atau Leomord shield).

Lalu, durability hero ini juga cukup buruk sehingga kalau sudah masuk war, biasanya hero ini akan mudah dibunuh lawan. Ultimate dari Bane juga cukup mudah ditebak dan dihindari oleh lawan.

BACA JUGA: Inilah 7 Hero Counter Brody Mobile Legends Paling Efektif!

3. Martis

hero ml martis buff

Martis merupakan hero yang pernah menjadi bintang saat baru rilis. Hero ini benar-benar mematikan sehingga menjadi langganan pick dan ban saat itu. Namun naas, tidak beberapa lama setelah hero ini populer, beberapa nerf terhadap skill dan damage Martis membuat hero ini jatuh dari panggung secara seketika.

Hero yang tadinya sangat dominating di lane dan rajin Savage, menjadi hero yang bisa dibilang cukup lemah setelah di nerf berkali-kali.

Kalau diteliti lebih jauh, sepertinya hero ini kekurangan damage, CC, dan durability yang dibutuhkan seorang fighter untuk bermain lebih bar-bar di lane maupun di teamfight. Sehingga disaat Martis sedang 1 on 1 di lane melawan fighter-fighter meta saat ini, jika kemampuan player tersebut sama, kemungkinan besar Martis akan kalah adu damage dan akan mudah di zoning out atau bahkan di kill.

4. Rafaela

Sebenarnya menurut penulis, Rafaela merupakan hero yang masih paling mendingan dari ke tiga hero sebelumnya. Seenggaknya kita juga lihat bahwa hero ini masih pernah di pick di beberapa match MPL S6 kemarin. Tetapi tetap saja statistik hero ini termasuk buruk dengan hanya memiliki 44.5% win rate, 0.09% pick rate, dan 0.29% ban rate.

Kalau menurut penulis, sepertinya kelemahan utama Rafaela adalah kurangnya burst damage dan spell CC yang dimiliki. Padahal burst damage dan spell CC adalah harga mati yang diperlukan oleh seorang hero support saat ini karena hero support harus sering ganking dan membunuh core lawan dengan cepat apalagi di early game.

Sepertinya dengan beberapa buff yang bisa diterapkan kepada skill-skill yang dimiliki Rafaela, hero ini mungkin bisa balik ke meta lagi.

Sebenarnya ada 2 hero lagi yang termasuk ke dalam kategori perlu buff atau revamp, yaitu Sun dan Clint. Namun sepertinya Moonton memang sudah berencana untuk me-revamp hero tersebut dalam waktu dekat, sehingga tidak perlu dimasukkan ke dalam list ini.

BACA JUGA: Clint Jadi Marksman Menakutkan Setelah Revamp, Ini Penjelasan Skillnya

Gimana menurut kalian? Kalau kalian setuju, nggak setuju, atau ada pendapat tambahan, langsung aja komen dibawah ya. Semoga hero-hero diatas bisa beneran di buff atau revamp sehingga game ML bisa lebih balanced dan tidak bosan dengan hero yang sama terus.

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, dan ikuti Instagram dan Youtube kita.

Galih Ramadani
Suka semua game yang ber-adrenalin!

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru