5 Brand Fashion Yang Sudah Masuk Dunia Metaverse!

5 Brand fashion yang sudah masuk dunia Metaverse!

Dengan dunia yang semakin maju, kita semakin menjalani kehidupan kita secara online, para brand fashion juga sudah memikirkan kepada masa depan dengan peluncuran koleksi pakaian digital dan kolaborasi dengan platform digital seperti game, metaverse, AR (augmented reality) dan lain-lain. 

Pada tahun 2022, prediksinya adalah peluncuran fashion yang paling dinanti tidak akan ada di catwalk, tetapi akan diputar di layar kami saat desainer menjelajahi metaverse.

Berikut adalah beberapa brand fashion global terkenal yang sudah menjelajahi dunia metaverse:

1. Balenciaga

Pada bulan September, Balenciaga menjadi merek mode pertama yang bermitra dengan video game Fortnite untuk membuat koleksi berbagai pakaian untuk karakter digital, yang dikenal sebagai ‘skins’. Skins tersebut dapat dibeli oleh para pemain game seperti sedang berbelanja untuk pakaian biasa, tetapi pakaian tersebut hanya digunakan untuk karakter digital nya. 

Balenciaga Joins Fortnite in the Metaverse | GQ

Selain itu, Pada 1 Desember 2021, Balenciaga juga telah mengumumkan bahwa mereka akan memperluas penawaran mode digitalnya dengan mengumumkan unit bisnis yang akan datang yang didedikasikan untuk dunia metaverse. Dengan melakukan ini, Balenciaga berharap untuk ‘mengeksplorasi peluang perdagangan dan pemasaran di metaverse yang berkembang’.

2. Gucci

Salah satu brand fashion mode paling terkenal ini sudah tidak asing lagi dengan dunia Metaverse. Gucci sudah pernah berkolaborasi dengan berbagai macam game dengan membuat pakaian digital yang dapat dibeli dan dipakaikan oleh karakter virtual. Salah satu contoh tersebut adalah kolaborasi Gucci dengan game Zepeto. 

Gucci partners with ZEPETO , the app that lets you create a 3D animated version of yourself. - Gucci Stories

Kolaborasi Gucci dalam dunia metaverse paling terkini adalah dengan game populer “Roblox”. Dalam kolaborasi ini, Gucci telah membuat koleksi berbagai macam pakaian untuk avatar Roblox seperti tas ‘Dionysus’ Gucci yang dijual dengan $4,000, atau sekitar 57 juta rupiah.  

3. Givenchy

Selain membuat pakaian untuk game online, Metaverse juga termasuk membuat sesuatu digital seperti NFT. Givenchy adalah salah satu contoh brand fashion yang sudah membuat koleksi NFT. 

French Luxury Fashion Brand Givenchy Drops 15 NFTs on OpenSea

Givenchy bekerja sama dengan seniman bernama Chito, untuk membuat serangkaian 15 karya seni yang dapat dikoleksi dan didukung oleh blockchain.

4. Louis Vuitton

Senna Prestige Skin Louis Vuitton | English as a Second Language at Rice University

Louis Vuitton juga sudah tidak asing lagi dengan dunia metaverse. Sejak tahun 2019, Louis Vuitton sudah pernah kolaborasi dengan game ‘League Of Legends’ untuk membuat berbagai macam pakaian untuk karakter-karakter di dalam game tersebut. Dari pakaian, alas kaki, hingga aksesori, para pemain game tersebut dapat membeli dan memberi karakter mereka berbagai macam pakaian Louis Vuitton. 

5. RTFKT

RTFKT Studios, rumah mode digital ambisius yang berada di garis depan ekspresi diri kreatif dan mode futuristik, telah menggunakan teknologi yang terbaru, NFT, otentikasi blockchain, dan augmented reality (AR), dikombinasikan dengan keahlian manufaktur, untuk membuat sepatu kets yang unik dan pakaian digital lainnya.

We want to be the brand of the metaverse,' says RTKFT's Chris Le

Dalam proyek Metaverse ini, RTFKT berkolaborasi dengan enam seniman berbeda untuk mengembangkan koleksi busana digital yang terinspirasi oleh video game ‘Atari’. Pengguna dapat “mencoba” sepatu kets edisi terbatas secara virtual menggunakan Snapchat dan Aplikasi MetaverseMe sebelum membeli perangkat NFT yang dapat dikenakan.

Untuk berita terbaru tentang dunia Metaverse, baca juga: Properti Metaverse Termahal Di Dunia, Tanah Virtual Terjual Harga Rp 61,7 Miliar!

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru