Elon Musk Mau Bangun Titik Peluncuran Roket Nya Di Ibu Kota Baru Indonesia

Elon Musk mau bangun titik peluncuran roket nya di Ibu Kota baru Indonesia!

Mengutip CNBC, pada hari Kamis (14/1), Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, menyatakan bahwa SpaceX, perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk telah meminta untuk membangun bandara di IKN, atau Ibukota baru Indonesia yang mendatang di Kalimantan Timur.

Elon Musk SpaceX luncur Roket di Indonesia
source; Fortune

Dalam laporannya kepada Tim Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN, Suharso menyebut SpaceX tertarik meluncurkan pesawat berkecepatan tinggi di IKN.

“Mungkin Ketua Pansus sudah datang ke SpaceX di Los Angeles, di sana mereka minta Indonesia salah satu titik di IKN, selain di Biak, untuk tempat peluncuran pesawat terbang dengan kecepatan luar biasa,” kata Suharso dalam rapat bersama Pansus RUU IKN, Kamis (14/1/2022).

Alasan Ingin Dibangun Di Indonesia

Menurut Suharso, SpaceX anggap Indonesia adalah tempat yang pantas untuk bangun bandara nya karena lokasi geografis negara. Dengan membangun bandara untuk roket dan pesawat nya di IKN, jarak tempuh Indonesia-AS pun diperkirakan terpangkas menjadi hanya 2 jam.

Elon Musk Roket Indonesia
source; Anadolu Agency

Tidak hanya jarak antara AS dan Indonesia, dengan membangun bandara di IKN, SpaceX dapat mempermudah perjalanan antara negara lain seperti Singapura, Australia, hingga negara Asia lainnya. 

“Jadi dari Indonesia-AS mungkin cuma 1 jam setengah atau 2 jam. Karena (peluncuran pesawat) itu dianggap sangat mungkin. Dan dari situ akan muncul bandara yang membawa ke Singapura, daerah Asia lainnya, Australia, dan seterusnya,” jelas Suharso.

Tertarik dengan berita lainnya mengenai SpaceX dan Elon Musk? Baca juga: Alasan Elon Musk Ucap Cemas SpaceX Akan Bankrut

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru