Indonesia Diprediksi Akan Jalankan Metaverse Dalam 3 Tahun Lagi, Lihat Kata Ahli!

Indonesia diprediksi akan jalankan Metaverse dalam 3 tahun lagi, lihat kata ahli!

Dengan pertumbuhan cepat dunia digital dan tren-tren baru seperti NFT, Crypto dan dunia Metaverse, masa depan teknologi tampaknya terlihat sangat beda dari yang ada sekarang. 

Namun, di tengah-tengah itu, Indonesia masih belum sepenuhnya masuk dunia digital baru ini, dengan dunia Metaverse masih asing pada banyak WNI. 

Seorang profesor di Telkom University, Andry Alamsyah, ungkap prediksi dia tentang masa depan Metaverse di Indonesia dan kapan orang Indonesia dapat ikut tren digital ini.

metaverse tiba di Indonesia
source; Euronews

Menurut prediksi Andry, platform Metaverse akan hadir di Indonesia dalam waktu 3 sampai 4 tahun ke depan. Menurutnya, mulanya pada tahun 2021 dan 2022 model bisnis teknologi di Metaverse akan mulai bermunculan.Lantas, 3 sampai 4 tahun Indonesia sudah bisa menjalankan konsep tersebut.

“Saya rasa enggak lama-lama lagi. Mungkin Metaverse selama 3-4 tahun sudah ada yang membuat, [akan ada] start up yang membuat sosial media (jenis) itu,” ujar Andry kepada CNNIndonesia.com lewat sambungan telepon, Kamis (23/12).

Metaverse Sudah Tiba

Andry lanjut menjelaskan bahwa sebetulnya kegiatan Metaverse itu sudah ada saat ini di Indonesia, seperti online game 3d dimana para pemain dapat bertemu dengan pemain lain dan melakukan berbagai macam transaksi. 

Game online 3D ini termasuk salah satu format Metaverse, dimana pemain dapat berinteraksi dengan dunia digital mereka, hingga beli berbagai macam item dalam game.

Metaverse Indonesia
source; VOI

Andry ungkap bahwa saat ini di Indonesia sudah banyak yang menjadi peserta dalam industri Metaverse. Namun, masih belum menjadi penyedia industry, denga belum ada dunia metaverse ciptaan original WNI. 

“Apakah Indonesia mungkin? Ya mungkin saja, orang teknologinya sudah ada. Namun pertanyaan selanjutnya apakah sudah ada yang membuat? Saya rasa saya belum lihat,” jelasnya. 

Ia memprediksi beberapa tahun ke depan warganet bakal bosan dengan adanya YouTube, sehingga membuat masyarakat akan beralih ke Metaverse. “Beberapa tahun lagi orang akan bosan dengan Youtube. Jadi mereka akan move on. Nah itu antara mengkonsumsi produk luar atau bikin sendiri,” ungkap Andry.

Tertarik dengan dunia Metaverse? Baca juga: Hampir Semua Orang Akan Tinggal Di Metaverse Pada 2030? Ini Kata Ahli!

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru