Perusahaan Ini Buat ‘Softlens Pintar’ Seperti HP! Bisa Apa Saja?

Perusahaan ini buat ‘softlens pintar’ seperti HP! Bisa apa saja?

Konsep ‘softlens pintar’ yang dapat memberikan informasi real-time ke mata pengguna telah ada di berbagai macam film selama bertahun-tahun. Namun saat ini, sudah ada beberapa perusahaan yang berharap dapat mewujudkan visi tersebut.

InWith Softlens Pintar
source; CNET

Perusahaan InWith Corporation adalah salah satu perusahaan tersebut yang sudah mulai membuat teknologi softlens pintar pertama di dunia. Dalam sebuah wawancara dengan CNET, CEO Michael Hayes mengatakan lensa tersebut akan bekerja dengan smartphone pengguna atau perangkat eksternal lain untuk menunjukkan informasi real-time tentang dunia di sekitar mereka. 

“Anda akan dapat melihat hal-hal seperti, Berapa batas kecepatan di jalan ini? Ke arah mana saya menuju? Dimana pintu keluar berikutnya dan berapa mil jauhnya?” kata Hayes.

Baca juga: Ilmuwan AS Buat Kamera Seukuran Sebutir Garam! Kok bisa?

Bisa Digunakan Untuk Apa Saja?

InWith Softlens Pintar
source; techworm.net

Pada konferensi teknologi CES 2022 di Las Vegas, perusahaan InWith memperkenalkan teknologi softlens baru mereka ini dengan mengklaim bahwa perangkat dapat melakukan segalanya mulai dari memberikan arahan, hingga menghilangkan kondisi penglihatan seperti miopia.

Tujuan utama dari produk ini, menurut InWith, adalah untuk menyediakan orang dengan akses mudah dan instan ke dunia virtual metaverse.

“Aplikasi pertama dari teknologi ini adalah ‘tunable vision’ melalui perangkat seluler dan ‘augmented vision’ yang digabungkan dengan kontrol perangkat seluler,” kata perusahaan tersebut.

“Teknologi ini menawarkan kepada pengguna cara yang super ringan, hampir tidak terlihat untuk bisa bolak-balik dari tampilan dunia nyata ke metaverse.”

Selain bisa masuk dunia Metaverse, CEO Hayes juga mengatakan lensa ini akan memiliki kemampuan untuk membantu orang yang menderita Presbiopia (kehilangan kemampuan mata untuk fokus pada objek terdekat) dengan menyesuaikan skenario yang berbeda secara real-time, menghilangkan kebutuhan mereka untuk menggunakan kacamata baca. 

Untuk sementara, masih belum ada demonstrasi teknologi InWith ini, namun Hayes menyatakan perusahaan tersebut bertujuan untuk mendapatkan persetujuan Food and Drug Administration AS tahun ini supaya akan bisa dipakai oleh publik.

Tertarik dengan teknologi baru lainnya? Baca juga: Bikin Merinding! Lihat Robot Tercanggih Di Dunia Debut Di Wawancara Pertama Nya!

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru