Wow! Di Masa Depan, Kelas Dan Meeting Diprediksi Akan Digelar Di Metaverse!

Wow! Di masa depan, kelas dan meeting diprediksi akan digelar di Metaverse!

Metaverse adalah tren digital terbaru yang ada di banyak obrolan antara perusahaan maupun orang biasa. Metaverse pun telah disebut oleh CEO perusahaan Meta/Facebook, Mark Zuckerberg sebagai “bab berikutnya” internet.

Sejauh ini, metaverse telah digunakan untuk banyak hal, seperti untuk bermain game online dan bersosialisasi di dunia 3D digital, sekarang, tren ini digunakan untuk mengeksplorasi cara untuk membawa pendidikan ke dunia virtual bersama sehingga siswa di seluruh dunia dapat belajar di dunia Metaverse.

Untuk Apa Belajar Di Metaverse?

belajar di metaverse masa depan
source; Wall Street Journal

Banyak pendidik memikirkan Metaverse sebagai inovasi yang baru karena akan memungkinkan apa pun untuk menjadi kesempatan belajar. 

Mengutip The National News, sebagai contoh, ketika seorang guru mengajar para siswa di kelas tentang mobil balap, tidak hanya melihat foto, video dan baca buku tentang topik tersebut, tapi dalam Metaverse, guru dapat menunjukkan kepada siswanya sebuah mobil balap di depan mata mereka. 

Mereka kemudian dapat menampilkan bagaimana mobil tersebut itu dibangun, seberapa cepat ia berjalan dan berapa suhu dan kecepatan yang dapat ditahan ban. Dengan pengalaman skenario seperti itu, memberikan kesempatan kepada para pendidik untuk mengajar para siswa dalam cara yang baru.

Tidak hanya mimpi atau teori, penggunaan Metaverse untuk belajar sudah dipakai. Di Bradfield College di Inggris, para pendidik di departemen teknologi menggunakan oportunitas pandemi untuk mencoba belajar di Metaverse menggunakan VR. 

Jadi, meskipun baru dalam skala kecil, belajar di Metaverse sudah terjadi – pertanyaannya adalah adopsi massal dan keterjangkauan di seluruh dunia.

Baca juga: Alasan Bill Gates Menyatakan Metaverse Itu Penting Di Masa Depan!

Juga Dapat Digunakan Untuk Kerja

kelas digelar di metaverse di masa depan
source; TelecomTV.com

Selain dipakai untuk para siswa, Metaverse juga dapat digunakan oleh karyawan dan pengusaha untuk gelar meeting dari jarak jauh. Pendiri Microsoft dan milyarder, Bill Gates pun telah ungkap opini dan prediksi dia bahwa di Metaverse adalah masa depan pekerjaan kantor jarak jauh. 

“Dalam dua atau tiga tahun ke depan, saya memperkirakan sebagian besar pertemuan virtual akan berpindah dari kisi gambar kamera 2D — yang saya sebut model Hollywood Squares, meskipun saya tahu itu mungkin tanggal saya — ke metaverse, ruang 3D dengan avatar digital,” tulis Gates dalam blog nya.

Lihat bagaimana tampaknya untuk belajar di dunia Metaverse di video ini!

@robertkaplinsky

Had a very surreal experience with Mike Flynn yesterday where we tested out what professional development in the #metaverse might look like. #teacher

♬ original sound – Robert Kaplinsky

Tertarik dengan semua hal Metaverse? Baca juga: Indonesia Diprediksi Akan Jalankan Metaverse Dalam 3 Tahun Lagi, Lihat Kata Ahli!

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru