10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Bermain Mobile Legends (Part 2)

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Bermain Mobile Legends – Part 2. Sebelum kalian lanjut membaca artikel ini, disarankan kalian membaca terlebih dahulu artikel part 1.

Lanjut ke part 2, ada 5 kesalahan lagi (part 1 ada 5 kesalahan) yang sering dilakukan player Mobile Legends dan berikut 5 kesalahan itu.

6. Langsung Memilih Hero Non Prioritas Terlebih Dahulu

Kesalahan Bermain Mobile Legends

Masih banyak yang tidak mengerti daftar tier hero di setiap META. Ada hero yang sedang META sekali sehingga harus di prioritaskan saat drafting. Salah satunya yang sedang META adalah Roger, Uranus, Esmeralda dan Ruby.

Tapi terutama di tier EPIC kebanyakan memilih hero apa yang mereka inginkan bukan apa yang sedang META seperti Lesley dan juga Aldous. Sebenarnya tidak apa-apa kalau memang expert dengan hero tersebut. Tetapi ada baiknya membiarkan tim kalian untuk memilih hero-hero yang lebih prioritas karena kalau tidak akan diambil oleh lawan kalian.


Diamond MLBB Murah


Maka dari itu kalian harus bisa membaca META hero bisa dari turnamen seperti MPL Indonesia dan mengetahui hero counter untuk melakukan counter pick musuh. Salah satu cara mudah untuk mengetahui hero yang sedang META atau tidak kalian bisa cek disini.

7. Tidak Mempertimbangkan Komposisi Hero Tim

Menurut observasi SPIN Esports, hal ini sering dilakukan di tier Legend ke bawah (Legend juga sering melakukan kesalahan ini). Banyak player Mobile Legends di tier Legend ke bawah tidak melihat komposisi tim.

Bayangkan jika kalian mempunyai 2 assassin atau 2 Marksman dalam 1 tim sehingga gold yang dibutuhkan tim sangat besar dan “mengorbankan” satu sama lain. Lebih parah lagi terkadang 2 assassin ini di pick padahal tim belum memiliki hero support yang sangat penting di early ke mid game.

Jadi ketika ingin melakukan pick, maka pikirkanlah terlebih dahulu role apa yang kurang di tim ini, jika tidak ada yang mau memilih tank atau support, maka kalian lakukan agar komposisi tim seimbang. Tips ini sangat penting buat kalian yang mau naik ke rank Mythic di Season 18.

BACA JUGA: 5 Hero Assassin Terbaik dan Tersakit Mobile Legends di Season 18

8. Tank atau Support Mengikuti Carry Tanpa Melakukan Apapun

Kesalahan Bermain Mobile Legends

Ini adalah salah satu kesalahan Mobile Legends yang paling umum di Season 18.

Hal ini yang berbahaya jika kalian role tank atau support dan mengikuti carry kalian dengan alasan yang tidak penting, cuman buntutin carry pada saat clearing minion atau jungle monster.

Hal ini sebaiknya tidak kalian lakukan lagi karena beberapa hal:

  • Kalian ngga bisa roam dan membantu sidelaner kalian push turret atau kill
  • Kalian membuat hero core membunuh jungle lebih lama. Karena ada update baru dimana hero jungle akan semakin tebal kalau ada banyak hero yang hit mereka
  • Pola pergerakan tim kalian akan lebih mudah ketahuan oleh musuh sehingga tim musuh bisa leluasa membunuh Turtle atau gank side lane tim kalian
  • Tidak membuka map dengan mengecek bush dan malah membuat hero core kalian mudah di gank lawan

Untuk tips saat core nge buff. Untuk tank hanya perlu membantu core apabila HP core sudah rendah. Untuk support hanya perlu lempar skill saja untuk membantu damage lalu bisa tinggalkan core kalian nge buff sendirian. Ingat sebagai support sangat penting buat kalian melakukan roaming.

9. Tidak Memanfaatkan Rumput dengan Baik

Walaupun kalian menggunakan hero carry, bukan berarti kalian harus menampakan diri terus menerus di map. Malah lawan akan semakin berasa aman apabila hero-hero kalian sering terlihat di mini map.

Sebisa mungkin untuk role tank dan support jangan sering nongol di lane. Kalian bisa sembunyi terlebih dahulu di rumput sambil menunggu tank atau rekan tim membuka war dan baru kalian masuk ke war tersebut.

Tank atau support juga tidak perlu membantu carry untuk clearing minion dan bisa sembunyi di rumput untuk melakukan serangan kejutan atau melakukan counter gank jika ada musuh yang mengincar sang carry.

10. Tidak Bermain Objektif

Game Mobile Legends mengharuskan kita untuk menghancurkan base musuh untuk menang, bukan banyak-banyakan kill. Jika kalian sudah menang di early game dari jumlah item, maka kalian harus bermain objektif.

Gank atau kill hero lawan itu bisa juga dihitung sebagai objektif, asal kalian langsung mengeskploitasi keadaan tersebut dengan melakukan hal-hal seperti pushing turret, nge turtle / lord, dan steal buff lawan.

Jangan terus menerus farming karena musuh juga akan melakukan farming dan setidaknya akan bisa melakukan comeback karena diberi ruang oleh kalian. Ketika kalian bermain objektif, maka jungle musuh juga bisa kalian kuasai.

Sangat penting untuk bisa mengekang lawan untuk diam di base karena takut untuk keluar dan di kill kalian. Dari sini musuh tidak bisa farming dan mereka akan kalah miskin jauh. Bagaimana cara mengekang musuh?

  • Push turret sampai habis (map musuh akan sangat gelap)
  • Invasi area jungle musuh, sering-sering melakukan begal di area bush dekat buff
  • Tank dan sidelaner bisa menakut-nakuti musuh tanpa membuka war di depan base mereka, sehingga core bisa leluasa nge Lord

Jadi yuk jangan sampai kesalahan-kesalahan Mobile Legends ini terus kalian lakukan. Mari cerna baik-baik guide ini dan implementasikan ke gameplay kalian!

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, dan ikuti Instagram dan Youtube kita.

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru