Build Barats Mobile Legends Tersakit dan Terkuat 2020!

Barats merupakan salah satu hero tipe Tank terbaru yang dikeluarkan Mobile Legends di season 18. Yang membuat hero ini unik karena meskipun role nya Tank, tetapi ternyata bisa dimainkan di banyak posisi.

Ada yang mencoba memainkan sebagai sidelaner, core/jungler, maupun tank. Di MPL Season 6 sendiri awalnya hero ini tidak terlalu dipandang, namun perlahan tapi pasti sepertinya beberapa player sudah menemukan build dan gameplay yang cocok untuk Barats.

Dan ketika Barats bertemu di pilot yang benar, ini adalah salah satu hero yang paling overpowered (OP) di ML season 18 ini. Nah karena Barats ini benar-benar fleksibel, banyak yang masih bingung item apa yang seharusnya dibeli oleh Barats.

Di artikel ini, SPIN Esports akan menjabarkan Build Barats Mobile Legends Tersakit dan Terkuat 2020 dari 3 tipe Barats yang dapat kalian mainkan: sidelaner, core/jungler, dan tank.

Item Build Barats Sidelaner

Build terbaik dan tersakit untuk Barats sidelane
Barats Sideline Item Build
  1. Demon Boots – Barats adalah hero yang harus sering spam skill apalagi ketika sedang 1 v 1 di sidelane. Selain nge poke hero lawan, stack dari pasif hero Barats (Big Guy) hanya bisa dikumpulkan ketika skill nya mengenai hero lawan, minion, atau jungle monster. Tanpa Demon Boots mana kalian akan bocor dan kalian tidak bisa boros skill.
  2. Cursed Helmet – Barats adalah hero yang ada di lini depan, sehingga Cursed Helmet sangat cocok digunakan karena bisa men-damage lawan dengan sakit setiap detiknya. Ditambah skill 1 yang memiliki damage over time, maka damage Barats akan sakit. Lalu juga Cursed Helmet memberi tambahan +1200 HP ke Barats yang akan membuat damage Barats makin sakit ketika badannya sudah besar.
  3. Guardian Helmet – Barats dengan kombo Demon Boots dan Guardian Helmet adalah hero yang tidak perlu pulang ke base sama sekali, karena regen HP dan mana yang sangat tinggi. Memang bermain Barats sebisa mungkin kalian jangan pernah pulang base karena kalian perlu menjaga agar badan Barats kalian selalu besar, karena pasif Big Guy lah yang membuat hero ini OP.
  4. Thunderbelt – Ketika Barats sudah besar (stack minimum 16), Barats akan mendapat pasif unik dimana ketika setiap kali memukul lawan, kalian akan memberi efek slow kepada lawan kalian. Dan ini merupakan sinergi yang sangat baik karena Thunderbelt juga memberikan efek slow kepada lawan ketika kalian hit hero lawan setelah menggunakan skill.
  5. Immortality – Banyak yang lupa kalau ketika Barats respawn, maka stack Big Guy akan otomatis sudah terisi sebanyak 5/10/15 (tergantung level ultimate). Jadi ketika kalian mati dengan efek immortal di teamfight, kalian akan bangkit lagi dengan badan yang langsung besar!
  6. Queen’s Wings – Menurut SPIN Esports ini adalah item pelengkap sempurna untuk Barats sidelane. Karena ada tambahan +1000 HP, cooldown reduction, dan juga pasif item ini yang membuat pengurangan damage hingga 40%. Jadi Barats kalian sudah dijamin akan sangat sulit dibunuh.

BACA JUGA: Penjelasan Termudah Item Mobile Legends dan Fungsinya 2020


Diamond MLBB Murah


Item Build Barats Hyper Core / Jungler

Build terbaik dan tersakit untuk Barats jungle atau core
Barats Core / Jungler Item Build
  1. Magic Shoes – Barats disini tidak membutuhkan Demon Shoes karena akan mendapatkan buff biru. Dan magic shoes adalah sepatu terbaik untuk Barats hyper / jungler karena mendapat 20% CD reduction dari buff biru + magic shoes untuk spam skill lebih cepat dan memastikan bahwa badannya selalu besar.
  2. Raptor Machete – Skill, pasif, dan serangan Barats akan memberikan slow yang sangat besar kepada lawan. Raptor Machete memiliki pasif untuk memberi slow kepada lawan juga melalui auto attack.
  3. Bloodlust Axe – Barats dengan build core / jungler tidak memiliki durability yang tinggi. Karena itu untuk tetap sulit dibunuh saat teamfight, Barats memerlukan lifesteal yang tinggi saat menggunakan skill-skillnya dan Bloodlust Axe adalah item yang sempurna untuk itu. Ditambah juga dengan tambahan +10% CD reduction dan harga yang relatif murah.
  4. Endless Battle – Core barats sangat mengandalkan penggunakan skill + auto attack. Karena itu item Endless Battle ini pas banget untuk dibeli karena efek true damage nya yang akan keluar setelah kalian menggunakan skill. Item ini juga memberi physical lifesteal tambahan dan +10% CD reduction lagi (kalau item ini sudah beli kalian sudah memiliki 40% CD reduction dengan tambahan buff biru)
  5. Blade of Despair (BOD) – Dengan item ini lengkap sudah damage dari seorang Barats. Dari pasif Big Guy yang mendapat bonus damage dari % total HP, dan juga attack damage tinggi dari BOD, setiap auto attack kalian akan sangat sakit!
  6. Queen’s Wings – Item terakir terbaik yang kalian bisa beli sebagai core Barats. Karena attack damage kalian sudah tinggi yang kalian perlukan tinggal kemampuan bertahan, jadi item ini sangat cocok karena juga memberi +40% lifesteal ketika HP kalian dibawah 40%. Lalu ketika sudah membeli item ini juga kalian akan mendapat +10% CD reduction. Dan karena max CD reductiona adalah +40%, kalian bisa menukar Magic Shoes kalian dengan Warrior Boots / Tough Boots tergantung lawan.

Item Build Barats Tank

Build terbaik dan tersakit untuk Barats tank
Barats Tank Item Build
  1. Warrior Boots / Tough Boots – Barats tipe tank adalah Barats yang tidak terlalu boros mana karena kalian akan lebih jarang nge poke dibanding Barats sidelane atau jungler. Malah tugas kalian adalah yang menjadi penerima damage terbanyak sehingga lebih baik membeli Warrior Boots / Tough Boots tergantung komposisi tim lawan.
  2. Courage Mask (Item Roam Merah) – Item roam terbaik untuk Barats dikarenakan skill active nya yang dapat menambah movement speed & physical attack hero kalian dan rekan yang ada di sekitar. Skill pasif juga meningkatkan attack, defense, dan regen untuk hero kalian dan rekan yang ada di sekitar. Lalu tambahan +10% cooldown reduction juga baik sehingga Barats bisa spam skill lebih sering.
  3. Antique Cuirass – Item physical defense terbaik di meta season 18. Ketika dipukul atau terkena skill kalian akan mendapat 10% physical damage reduction yang bisa di stack sampai 3x. Sangat cocok untuk Barats tank.
  4. Athena Shield – Item magic defense terbaik di meta season 18. Ketika terkena spell magic dari lawan, kalian akan mendapat 25% magic damage reduction untuk beberapa detik.
  5. Immortality – Seperti yang sudah dijelaskan diatas, tak hanya mendapat tambahan physical defense, Barats kalian juga akan lansgung besar pas hidup lagi.
  6. Dominance Ice – Barats sebagai front liner akan selalu dekat dengan hero lawan. Sehingga lawan akan terkena movement speed dan attack speed slow yang bikin Barats semakin tanky. Lalu item ini juga memberi +10% CD reduction dan +5 movement speed.

BACA JUGA: Item Terbaik di Meta Mobile Legends Season 18 (Oktober 2020)

Demikian 3 build barats tersakit dan terkuat 2020 yang kalian bisa coba tergantung komposisi line up kalian. Kalau menurut pengamatan penulis SPIN Esports, Barats paling cocok dimainkan dengan build tipe sidelane. Kita bisa lihat juga di MPL Season 6 dimana Barats selalu di pick menjadi sidelaner bukan sebagai tank ataupun jungle.

Kenapa cocok menjadi sidelane? Karena Barats tetap bisa memberi damage besar untuk tim tetapi juga bisa menjadi tank ke 2 setelah hero tank asli di tim kalian.

Kalau jadi core, sepertinya pergerakan Barats kalah cepat dengan hero-hero seperti Lancelot, Ling, atau Roger sehingga tim kalian kemungkinan akan kalah rotasi.

Lalu kalau menjadi tank juga kurang cocok karena Barats adalah hero yang memerlukan item untuk bisa efektif. Berbeda dengan hero seperti Khaleed, Hilda, atau Jawhead yang sudah bisa aktif dari awal meskipun dengan item yang sedikit.

Gimana menurut kalian build barats mana yg tersakit dan terkuat di 2020? Kalau ada masukan atau perbedaan pendapat langsung tulis di komen dibawah artikel ini ya! Selamat mencoba build ini di ranked match kalian.

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, dan ikuti Instagram dan Youtube kita.

Galih Ramadani
Galih Ramadani
Suka semua game yang ber-adrenalin!

Artikel Terbaru