3 Kesalahan User Tank Mobile Legends di Meta Season 18 (Oktober 2020)

Di meta Mobile Legends season 18 ini banyak perubahan yang cukup banyak sehingga gaya bermain tank juga harus adaptasi dibanding saat meta Hypercarry yang sebelumnya.

Dulu tank selalu nempelin hero core setiap saat. Tetapi sekarang di meta 18 kita lihat dimana hero tank menjadi lebih aktif untuk rusuh di map area lawan. Selain buka vision, kalian juga merugikan hero core lawan yang harus sibuk meladeni tank rese tersebut. Sehingga core kalian jadi enak-enakan farming tanpa gangguan.

Maka dulu dimana hero-hero tank yang laku itu adalah hero-hero CC area seperti Khufra, Tigreal, Akai dan Atlas. Di meta season 18 hero tank yang laku adalah hero-hero yang sudah kuat di early game, memiliki damage yang cukup besar, skill dengan cooldown cepat dan bisa roaming dengan cepat.

Hero-hero seperti Hilda, Khaleed, Chou, Baxia dan Jawhead merupakan hero tank yang lebih laku saat ini. Kalian bisa menyaksikannya sendiri di playoff MPL season 6 dimana tim akan lebih memprioritaskan hero-hero tersebut.


Diamond MLBB Murah


Demikian adalah 3 kesalahan user tank mobile legends season 18 (updated Oktober 2020):

1. Terlalu sering kelihatan di map

Tank itu sangat penting untuk membuka vision dari sebuah tim. Ketika vision tim kalian luas, hero core dan sidelane kalian akan bisa farm dan push lane dengan aman. Bagaimana cara membuka vision (buka map)?

Seorang tank harus berani menjelajah dan rusuh ke area tim lawan, menjaga hero core yang sedang farming di lane atau di jungle dengan mengumpat di bush. Di mini map musuh, tank yang jarang kelihatan akan membuat tim lawan lebih was-was. Bush adalah teman terbaik kalian.

Sehingga tim lawan lebih takut untuk push atau farming di lane karena takut di begal combo tank dan support. Lagipula seorang tank juga tidak perlu membantu core farming di lane karena damage tank biasanya kecil.

Lalu tank juga membeli roaming item sehingga farming dekat-dekat core pun tidak akan menambah gold dan exp sang tank. Jadi tank bisa tetap berlevel tinggi dan memiliki gold banyak kalau rajin assist saat ganking/war dan membantu tim melakukan objektif seperti push turret dan nge turtle/lord.

Tim kalian akan jauh lebih susah melakukan hal tersebut kalau kalian muncul di lane terus. Musuh jadi lebih mengetahui pergerakan tim kalian dan mudah ditebak.

2. Membuntuti Core Farming Jungle

Sejak update Next Mobile Legends dirilis, ada satu point penting yang sepertinya belum banyak diketahui orang. Yaitu ketika ada lebih dari 1 hero yang nge buff, maka monster jungle akan semakin tebal. Sehingga akan membutuhkan waktu lebih lama bagi seorang hero core untuk menghabisi monster jungle tersebut.

Lagipula seperti di poin pertama, damage dari tank itu cukup kecil. Jadi membuang skill tank kepada monster jungle pun tidak terlalu signifikan dalam membantu sang core untuk membunuh monster jungle. Sehingga sudah tidak membantu core, malah tank buang-buang waktu karena tidak membuka vision dan melakukan roaming ke sidelane.

Akan lebih baik untuk seorang tank menjaga hero core dengan membuka map, yang membuat hero core tim kalian susah di gank. Daripada membantu nge tahan badanin core dari monster jungle yang bukannya membantu malah memperlambat kill monster jungle tersebut.

Lagipula kebanyakan core sekarang baru melakukan jungle di level 2, karena biasanya mereka menghabiskan minion di midlane terlebih dahulu. Kebanyakan dari hero core di level 2 sudah bisa membunuh jungle sendirian. Mungkin tank dan support bisa bantu membuang skill ke monster jungle, lalu langsung cepat2 menjauh dari core supaya tidak bikin core nya lama bunuh monster jungle.

Kalian bisa lihat disini gameplay Khaleed dari RRQ.Vyn yang membuka vision dan sangat rusuh ke area jungle musuh. Sehingga Xin & Albert bisa farming enak dan Ling nya Marz harus bolak balik karena buff nya digangguin.

3. Inisiasi tanpa melihat posisi tim

Nah ini merupakan kesalahan yang sebenarnya selalu dilakukan seorang tank yang tidak berpengalaman. Tidaklah berguna bila Fatal Link kalian kena 5 hero, kalau rekanan tim kalian masih jauh semua. Malahan kalian membuang-buang skill dan malah mati dikeroyok musuh.

Ketika ingin melakukan roaming dan menginisiasi war. Selalu cek di minimap apakah ada hero rekan kalian yang sudah siap secara posisi. Cek juga apakah ultimate mereka sudah off cooldown apa belum.

Cara mengecek cooldown ultimate teman
Sumber: UPointID. Akan ada box warna hijau ketika ultimate teman kalian sudah off cooldown

BACA JUGA: 3 Meta Yang Terlihat Efektif Digunakan di Season 18 Mobile Legends Saat ini!

Demikian 3 kesalahan user tank mobile legends season 18. Padahal hero tank yang baik atau buruk sangat mempengaruhi kemenangan atau kekalahan sebuah tim.

Memang benar seorang tank sendirian tidak bisa meng carry game apabila core kalian bermain buruk. Tetapi tank yang bagus akan membuat core kalian memiliki game yang mudah. Jadi kesempatan tim kalian untuk menang sangat dipengaruhi oleh permainan seorang tank.

Jadi untuk user tank, selalu ingat kalau dampak permainan kalian itu sangat besar. Jadi yuk belajar bareng-bareng untuk menjadi lebih baik lagi. Kalau kalian ada tambahan untuk kesalahan lain yang sering dilakukan seorang user tank, langsung komen dibawah ya!

BACA JUGA: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Bermain Mobile Legends

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, dan ikuti Instagram dan Youtube kita.

Artikel Terbaru