Inilah Kombinasi Item Mobile Legends 2021 yang paling Efektif!

Ini adalah seri kedua dari pembahasan item di game Mobile Legends. Seri kesatu membahas tentang fungsi dari setiap item Mobile Legends yang sangat mudah dipahami, jadi yang masih belum paham secara tuntas kegunaan setiap item mendingan dibaca dulu ya baru balik kesini.

Di seri kedua, SPIN akan membahas tentang kombinasi item mobile legends 2021 yang kalau dipakai bersamaan akan menghasilkan sinergi yang efektif. Apa saja nih kombonya? Ada beberapa nih, langsung scroll ke bawah ya.

Tipe Item: Physical Attack

Inilah Kombinasi Item Physical Attack yang efektif di Mobile Legends 2020


Diamond MLBB Murah


1. Endless Battle + Blade of Despair (BOD)

Ini adalah kombinasi item physical yang paling laku di meta buat hero physical! Hampir semua hero tipe physical seperti marksman, assassin, dan fighter bisa bikin item kombinasi ini.

Blade of Despair (BOD) – Item dengan bonus physical damage terbesar dan damage ke lawan yang HPnya dibawah setengah bakal lebih sakit. Endless Battle – abis pake skill ke lawan, ada ekstra damage (60% true damage). Jadi bisa kebayang ya kombo ini, Endless Battle yang extra true damage nya tergantung dari total physical attack kalian. Karena itu sangat cocok di kombinasi dengan BOD yang nambahin esktra damage besar.

2. Endless Battle + Thunder Belt

Kombo item ini cocok untuk dibeli oleh hero yang sering menggunakan kombinasi skill + basic attack. Contoh yang cocok memakai kombo item ini: Karrie, Alpha, Thamuz, Lesley, dan Dyrroth.

Endless Battle – abis pakai skill ke lawan, basic attack akan jauh lebih sakit (true damage). Thunderbelt – abis pakai skill ke lawan, basic attack akan mendapat extra damage (true damage) & slow. Dan cooldown kedua item ini sama, hanya 1,5 detik. Jadi kalo sering spam skill enak banget nyicil lawan dengan extra damage & slow.

3. Scarlet Phantom + Berseker Fury

Kombo item ini sangat cocok untuk dipakai hero marksman yang mengandalkan critical untuk ngeburst musuh saat menggunakan basic attack. Contoh yang cocok memakai kombo item ini: Yi-Sun-Shin, Irithel, Bruno, Lesley, dan Hanabi.

Scarlet Phantom – Kalau basic attack kalian berhasil critical, attack speed dan kemungkinan critical akan meningkat tajam. Berseker’s Fury – Basic attack kalian akan lebih sering critical dan damage critical nya akan tambah sakit. Jadi intinya udah lebih sering critical, sekali critical sakit banget!

4. Golden Staff + Demon Hunter Sword (DHS)

Kombo item ini sangat cocok digunakan oleh hero yang mengandalkan attack speed cepat untuk menyicil tank lawan dengan cepat dikarenakan skill pasif yang mendukung, tanpa membutuhkan critical. Contoh yang cocok memakai kombo item ini: Karrie, Badang, Sun dan Claude. Mereka adalah hero-hero yang membutuhkan beberapa basic attack untuk mengeluarkan skill pasif yang dapat membunuh tank dengan cepat.

Demon Hunter Sword (DHS) – Basic attack ke tank HP tebal akan sakit banget. Golden Staff – Skill pasif & efek item yang membutuhkan beberapa basic attack akan bisa di trigger dengan basic attack yang lebih sedikit dibanding tanpa item ini. Jadi yang tadinya butuh 5x basic attack buat pasif nya keluar, dengan item ini hanya perlu 3!

5. Blade of the Heptaseas + Malefic Roar

Kombo item ini sangat cocok digunakan oleh hero tipe assassin yang hanya perlu 1-2 skill + pukulan sudah bisa ngeburst lawannya. Contoh yang cocok memakai kombo item ini: Lancelot, Natalia, Bane, Chou, Jawhead, dan Hilda.

Blade of the Heptaseas – Physical attack pertama ke lawan bakal sakit banget (setelah ga di hit/nge hit dalam 5 detik). Malefic Roar – Basic attack turret & lawan dengan armor tebal bakal tembus banget. Dan kedua item ini memiliki fungsi Physical Penetration – damage yang menghiraukan physical defense musuh. Jadi strateginya tinggal hide di bush, lalu pas lawannya kelihatan langsung di burst aja dengan skill + basic attack dijamin hero-hero lawan mage, MM, atau assassin akan langsung lenyap seketika.

BACA JUGA: 5 Hero Mobile Legends (ML) Ini Tetap Nggak Laku Walau di Revamp, Kenapa?

Tipe Item: Magic Attack

Inilah Kombinasi Item Magical Attack yang efektif di Mobile Legends 2020

1. Glowing Wand + Ice Queen Wand + Genius Wand

Ini adalah kombinasi item magical yang paling laku di meta buat hero tipe mage! Ketiga item ini adalah item yang bertipe wand! Ini adalah kombinasi item mobile legends 2021 yang paling SPIN favoritkan. Item kombo ini paling cocok untuk tipe hero mage support yang memiliki skill dengan cooldown rendah dan bisa spam skill seperti: Lunox, Valir, Chang’e, Nana, Gord, dan Kagura.

Glowing Wand – Tiap pake skill hero lawan akan terbakar dan terkena damage tiap detiknya. Ice Queen Wand – Tiap pake skill ke lawan, movement speed lawan akan berkurang. Genius Wand – Tiap skill yang kena akan mengurangi magic defense lawan. Jadi inilah kombo item yang bikin hero-hero mage support saat ini rese banget! Udah kena slow, magic defense berkurang, dan terbakar tiap detik. Dan bonusnya hero mage kalian akan dapet movement speed yang lumayan tinggi dari ketiga item tersebut.

2. Clock of Destiny + Lightning Truncheon

Kombo item ini sangat cocok digunakan oleh hero tipe mage yang punya skill area + burst. Contoh yang cocok memakai kombo item ini: Cecillion, Odette, Lunox, Vale, Eudora, dan Pharsa. 

Clock of Destiny – Makin lama pegang item ini, semakin banyak HP dan magic power yang bertambah. Lightning Truncheon – Tiap skill akan splash ke beberapa lawan (item magic nya Windtalker). Jadi kedua item ini memberikan jumlah mana yang besar dan Lightning Truncheon akan berfungsi efektif karena damage nya tergantung jumlah mana hero kalian. Inilah kenapa Cecillion dan Pharsa bisa menyapu bersih minion wave dengan 1 skill saja.

3. Genius Wand + Divine Glaive

Kombo item ini sangat cocok digunakan oleh hero tipe mage di late game pada saat para hero lawan sudah memiliki beberapa item magic defense tebal seperti Oracle & Athena Shield. Akan lebih cocok lagi ketika hero Anda merupakah hero dengan skill burst damage yang bisa di spam seperti Cecillion, Selena, Pharsa, Odette, Kagura, dan Lunox. 

Divine Glaive – Tiap skill yang kena ke hero dengan magic defense tinggi bakal tembus banget. Genius Wand – Tiap skill yang kena akan mengurangi magic defense lawan. Jadi mau punya magic defense 100+ juga kena kombo item ini ini langsung jadi kertas!

4. Feather of Heaven + Calamity Reaper

Kombo item ini sangat cocok digunakan oleh hero tipe fighter mage yang banyak mengandalkan basic attack setelah menggunakan skill. Contoh yang cocok memakai kombo item ini: Esmeralda, Guinevere, Harith, dan Silvanna.

Calamity Reaper – Tiap abis pake skill, basic attack ke lawan akan jauh lebih sakit (item magic nya Endless Battle). Feather of Heaven – Setiap basic attack akan mendapat ekstra damage tergantung dari magic power yang dimiliki. Hero kalian udah attack speed + movement speednya jadi cepat, udah gitu sekali skill + basic attack langsung mendapat tambahan damage besar.

BACA JUGA: 5 Hero Counter Vale MLBB Paling Ampuh Sekali, Catat yah!

Tipe Item: Defense

Inilah Kombinasi Item Defense yang efektif di Mobile Legends 2020

1. Queen’s Wings + Rose Gold Meteor

Kombo item ini sangat efektif untuk hero-hero assassin, MM, atau fighter yang membutuhkan attack dan defense secara bersamaan. Hero-hero yang sering terlihat menggunakan kombo item ini di late game: Alucard, Freya, Karrie, Ruby, dan Dyrroth

Rose Gold Meteor – Kalau HP hero kalian sekarat, dapat shield besar sementara. Queen’s Wings – Kalau HP hero kalian sekarat, hero akan mendadak jadi keras / badak banget. Inilah kenapa hero seperti Alucard atau Dyrroth yang sudah memiliki kombo item ini tiba-tiba akan sangat sulit di kill pada saat HP nya sekarat. Udah mendadak jadi keras, bisa lifesteal, lalu dapat shield besar.

2. Oracle + Guardian Helmet

Kombo item ini sangat efektif untuk hero-hero tank yang memiliki skill regenerasi atau memakai battle spell Revitalize. Hero-hero yang efektif menggunakan kombinasi item ini: Hylos dan Uranus. 

Oracle – Meningkatkan HP regen & shield dari hero kalian. Guardian Helmet – Tiap keluar dari teamfight hero kalian akan dapet HP regen yang sangat besar. Bayangin kedua item ini ditambah regenerasi full stack pasif Uranus + ulti + Revitalize, dalam beberapa detik dari sekarat udah full lagi HP nya! Kalau udah punya 2 item ini dijamin nggak perlu recall ke base lagi untuk isi HP.

3. Dominance Ice + Twilight Armor

Salah satu kombinasi item mobile legends 2021 yang belum banyak orang tau. Kombo item ini sangat efektif untuk hero-hero tank yang melawan hero2 lawan dengan physical damage burst seperti Aldous, Brody, Irithel, Lesley dan Bruno. Hero ini cocok digunakan hero tank manapun saat game sudah melewati menit 10 keatas saat melawan hero-hero burst. 

Dominance Ice – Mengurangi movement speed & attack speed hero lawan bila dekat dengan hero kalian. Twilight Armor – Anti damage burst, damage yang langsung mgenhabisi HP hero dengan cepat. Jadi kombonya adalah Twilight Armor akan menahan damage burst musuh, tapi kekurangannya Twilight Armor punya cooldown 4 detik jadi bisa sekali di burst musuh di 4 detik tersebut.

Nah disini saatnya peran Dominance Ice, item ini berfungsi mengurangi attack speed musuh dengan signifikan. Sehingga misalnya melawan Irithel yang crit nya ditahan max 900 damage karena Twilight Armor, pukulan selanjutnya bisa saja memiliki 2000 damage tetapi attack speednya pelan jadi keburu 4 detik cooldown Twilight Armor sudah refresh. Jadi hero kalian akan sangat sulit di burst oleh hero-hero physical tersebut.

4. Bruteforce Breastplate + Thunderbelt

Kombo item ini sangat efektif untuk hero-hero fighter atau tank yang membutuhkan physical defense, memiliki skill dengan cooldown cepat yang bisa di spam, dan dengan selingan basic attack saat skill sedang cooldown. Contoh hero yang cocok menggunakan kombinasi item ini adalah: Uranus, Yu Zhong, Belerick, Lapu Lapu, Jawhead, dan Thamuz.

Brute Force Breastplate – Abis pake skill, defense & movement speed akan bertambah. Thunder Belt – Abis pake skill ke lawan, basic attack akan mendapat extra damage & slow. Jadi hero yang memiliki kombo item ini akan mudah untuk meng-kite lawannya karena movement speed hero kalian jadi cepat dan setiap basic attack bisa nge-slow lawan.

BACA JUGA: Season 19 Mobile Legends Masih Stuck Di Rank Legends? Ini 3 Tips Buat Kalian!

Sekian penjelasan tentang item seri kedua mengenai kombinasi item Mobile Legends (ML) 2021. Jangan lupa pengetahuan ini diaplikasikan ke gameplay kalian ya, karena memang kombo item bisa bersinergi dan bisa berfungsi lebih efektif saat digabung.

Kalian bisa juga cek video youtube dibawah ini, list nya agak berbeda dengan yang SPIN punya tetapi tetap relevant di meta 2021:

Kalau spinners punya ide untuk item kombinasi mobile legends yang lain, tolong komen di artikel ini supaya penulis bisa memasukkan item kombo tersebut di artikel kombinasi item Mobile Legends (ML) 2021 ini.

BACA JUGA: 5 Hero Counter Lancelot MLBB, Buat Usernya Jadi Ga Guna!

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk informasi lainnya, dan ikuti akun Instagram dan Youtube kita.

Geoffrey James (Clipt)
Penulis di SPIN Esports yang fokus dalam meng cover game Mobile Legends. Dimulai dari sisi esports, bisnis, analisa, tips dan pembahasan meta.

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru