5 Film yang Berhasil Menyabet Piala Oscar Terbanyak

5 film hollywood ini berhasil menyabet piala oscar terbanyak lho guys! Film apa saja ya? Penasaran? Berikut SPIN berikan daftarnya untuk kamu.

Piala Oscar atau bisa disebut juga dengan Academy Award merupakan sebuah malam penghargaan untuk semua insan perfilman dari seluruh penjuru dunia. Di acara ini, terdapat beberapa nominasi yang akan menyumbangkan satu pemenangnya.

Semenjak pertama kali diselenggarakan, Academy Award telah melahirkan beberapa rekor, salah satunya adalah film dengan raihan piala Oscar terbanyak dari setiap nominasi yang ada. Berikut daftar filmnya!

5 Film Dengan Torehan Piala Oscar Terbanyak

1. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

The Return of the King adalah seri pamungkas dari trilogi film The Lord of the Rings. Di film terakhirnya ini, beberapa kritikus film memuji habis-habisan film garapan sutradara Peter Jackson ini.

Di ajang Academy Award, The Lord of the Rings: The Return of the King berhasil membawa pulang 11 piala oscar, diantaranya dari nominasi “Best Picture”, “Best Director”, dan “Best Visual Effects”.

2. Ben-Hur (1959)

Untuk menghasilkan tayangan yang jempolan, pihak film Ben-Hur rela mengeluarkan biaya produksi sebesar Rp 220 miliar. Namun, biaya yang mereka keluarkan langsung balik modal, karena Ben-Hur berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 2,1 triliun.

Ben-Hur juga meraih 11 penghargaan di acara Oscar, dengan kategori “Best Picture”, “Best Director”, “Best Actor”, “Best Costume Design”, “Best Art Direction-Set Decoration – Color” dan masih ada banyak lagi.

3. Film Peraih Oscar Terbanyak: Titanic (1997)

Film legendaris yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet ini juga pernah meraih banyak penghargaan lho guys. Di Oscar 1998, film garapan James Cameron ini berhasil menduduki 14 nominasi dan membawa pulang 11 piala Oscar sekaligus.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Morbius, Sang Ilmuwan Jenius yang Haus Akan Darah!

Piala Oscar tersebut berasal dari nominasi Best Picture, Best Director, Original Dramatic Score, Art Direction, Makeup, Costume Design, Film Editing, Visual Effects, Sound, Sound Effects Editing, dan Original Song dengan lagunya yang berjudul “My Heart Will Go On.”

4. West Side Story (1961)

Film musikal ini adalah hasil garapan Robert Wise dan Jerome Robbins, yang terinspirasi dari kisah cinta antara Romeo dan Juliet yang melegenda. Namun, jalan cerita dari film ini dinilai lebih berkesan bagi para kritikus film.

Di acara Oscar yang ke-34, West Side Story berhasil memborong 10 piala Oscar, diantaranya dalam kategori Best Picture, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Sound, Music, Film Editing, Costume Design, Cinematography, dan Art Direction.

5. The English Patient (1996)

Film yang rilis pada tahun 1996 ini mengangkat kisah cinta dua sejoli saat masa Perang Dunia ke-2 sedang berlangsung. Berkat jalan ceritanya yang unik, film karya sutradara Anthony Mingella ini berhasil mejeng di 12 nominasi Oscar 1996.

Namun, The English Patient hanya mampu meraih 9 piala Oscar saja, yang terdiri dari Best Picture, Best Director, Best Supporting Actress, Best Art Direction, Best Costume Design, Best Cinematography, Best Film Editing, dan Best Original Score.

Baca Juga: 5 Film yang Pernah dibintangi Oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy

Itu dia guys deretan film hollywood yang berhasil menyabet piala Oscar terbanyak sepanjang masa. Dari 5 film di atas, apakah ada film favorit kamu?

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru