Alasan ‘Hawkeye’ Gagal Melampaui Popularitas Serial ‘Loki’

Alasan ‘Hawkeye’ gagal melampaui popularitas serial ‘Loki’.

Serial “Hawkeye” mengikuti kisah hidup Clint Barton, atau ‘Hawkeye’, yang diperankan oleh Jeremy Renner, dan memberi lihat para penonton kisah kehidupan karakter tersebut setelah kejadian Avengers: Endgame (2019). 

Setelah pertama tayang pada November 24, 2021, serial terbaru Marvel ini, berhasil menarik sekitar 1,5 juta penonton dari seluruh dunia, sementara sekitar 1,3 juta dari penonton tersebut bertahan untuk menonton episode kedua.

Tetapi jumlah penonton tersebut dianggap sebagai jumlah yang rendah ketika dibandingkan dengan serial Marvel yang lain seperti serial “Loki”. 

Seperti yang dijelaskan Deadline, episode terakhir dari serial “Loki” yang tayang pada Juli 14, 2021 berhasil ditonton oleh 2,5 juta orang, ini berarti jumlah pemirsa serial Hawkeye turun 40% dibandingkan dengan jumlah pemirsa Loki.

Penggemar Marvel Boikot Hawkeye

Marvel Studios' Hawkeye Cast and Crew on the Disney+ Series

Salah satu alasan mengapa Hawkeye tidak memiliki jumlah pemirsa yang banyak adalah karena banyak para penggemar Marvel telah memilih untuk boikot serial tersebut.

Ini terjadi karena adanya kontroversi yang menyelimuti perilisan serial Hawkeye. Kontroversi tersebut terjadi ketika para penggemar mengetahui bahwa Disney tidak memberi uang royalti dan kredit kepada David Aja, kreator komik Hawkeye (2012) meskipun karyanya dijadikan inspirasi untuk membuat serial tersebut. Karena ini, banyak para penggemar Marvel menyatakan keluhan mereka terhadap Disney di media sosial dan memberi dukungan mereka terhadap David Aja dengan memboikot serial tersebut.

“Saya tidak akan menonton Hawkeye karena alasan ini… Saya dengar serialnya bagus, tetapi saya tidak ingin mendukung Disney karena mereka pelit dengan memberi kompensasi dan kredit yang layak,” kata seorang netizen melalui Twitter.

Tetapi masalah ini pun sebenarnya bukan pertama kali terjadi, karena pada awal tahun 2021, kreator Winter Soldier, Ed Brubaker juga pernah mengaku bahwa dia tidak mendapat bayaran atau kredit ketika karakternya digunakan untuk proyek Marvel. 

Alur Cerita Yang Tidak Cukup Menarik

Selain boikot, salah satu kemungkinan kenapa jumlah penonton Hawkeye jauh lebih rendah daripada serial Loki adalah karena alur ceritanya. Alur cerita Loki yang memperlihatkan konsep berbagai macam ‘multiverse‘ tampaknya lebih menarik dan original untuk para penonton daripada alur cerita yang berfokus kepada ‘action‘ seperti Hawkeye yang sudah seringkali ditonton penggemar Marvel.

Adu Akting di Serial Hawkeye, Jeremy Renner Akan Jadi Mentor untuk Hailee Steinfeld - Tribunnews.com Mobile

Bagi kalian penggemar Marvel, kalian juga bisa baca: Alasan Sekuel Doctor Strange Sedang Syuting Ulang

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru