Fakta, Durasi Film Elvis Awalnya Mencapai 4 Jam!

Sutradara film Elvis, Baz Luhrmann mengaku jika film garapannya tersebut awalnya memiliki durasi yang sangat panjang, yaitu mencapai 4 jam. Namun, ia harus mengupayakan agar filmnya itu memiliki durasi yang lebih pendek.

Elvis merupakan film biopik dari musisi legendaris bernama Elvis Aaron Presley. Sesuai dengan judulnya, film ini akan mengisahkan tentang perjalanan karir sang musisi dari awal hingga menjadi seorang legenda di dunia musik.

Setelah menyelesaikan segala tahapan produksinya, beberapa fakta menarik tentang film Elvis pun mulai terkuak. Salah satunya adalah terkait durasi yang awalnya tersemat pada film ini.

Baz Luhrmann: Durasi Awal Film Elvis Mencapai 4 Jam

Belum lama, ketika berbicara kepada Radio Times, sutradara kelahiran 17 September 1962 itu mengungkapkan jika durasi awal yang ada di film Elvis mencapai 240 menit atau 4 jam. Karena dianggap terlalu panjang, ia pun harus memotong beberapa adegan penting agar durasinya menjadi 159 menit atau 2,5 jam.

Baca Juga: Sutradara Thor 4 Sengaja Perlihatkan Adegan Thor yang Sedang Telanjang

“Sebenarnya saya punya versi empat jam. Saya punya. Tapi Anda harus menurunkannya menjadi 2 jam 30 menit,” ungkap Baz Luhrmann.

“Maksud saya, ada banyak hal yang saya rekam seperti hubungan dengan band, saya harus mengurangi (itu)– dan sangat menarik bagaimana Colonel Tom Parker (Tom Hanks) menyingkirkan mereka,” tambahnya.

Lebih detail, sang sutradara mengatakan jika adegan yang harus ia potong adalah ketika adegan hubungan antara Elvis dan Dixie menjadi semakin dalam. Diketahui, Elvis jatuh cinta kepada Dixie ketika dirinya sedang beraksi di atas panggung. Seiring berjalannya waktu, mereka berdua pun akhirnya berpacaran, namun hubungannya mengalami banyak sekali kendala.

Durasi Film Elvis
Photo: Elvis

“Seseorang yang memiliki lubang di hatinya seperti Elvis terus-menerus mencari cinta dan menemukannya di atas panggung, tidak di tempat lain,” kata Luhrmann.

Adegan pertemuan dengan Presiden Amerika ke-37, Richard Nixon dan perjuangannya mengatasi kecanduan obat tidur pun harus dipotong oleh Luhrmann, agar durasinya pas dan tidak berlarut-larut.

“Apa yang terjadi adalah dia mulai melakukan hal-hal aneh– seperti pergi menemui Nixon,” ungkapnya.

“Saya memiliki itu untuk sementara waktu, tetapi ada titik di mana Anda tidak dapat memiliki semuanya, jadi saya hanya mencoba mengikuti semangat karakter.” pungkas Luhrmann.

Baca Juga: James Gun: Guardians of the Galaxy Holiday Special Hadir Dengan Cerita yang Konyol

Film Elvis sendiri akan mulai tayang di bioskop Indonesia pada tanggal 24 Juni 2022 mendatang. Untuk para fans sang King of Rock and Roll, kamu wajib banget nonton film ini guys!

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru