5 Film Hollywood yang Dilarang Tayang di Indonesia, Apa Saja Penyebabnya?

Dengan berbagai macam penyebab, 5 film hollywood berikut ternyata dilarang tayang di Indonesia lho! Umumnya, alasan utama dibalik pelarangan ini adalah terdapat adegan-adegan yang tidak lulus sensor.

Industri perfilman hollywood memang terkenal kerap merilis film-film terbaiknya dengan tema yang beragam. Namun, ternyata ada beberapa tema film yang tidak sesuai dengan negara lain, contohnya adalah Indonesia yang notabennya adalah negara yang mayoritas warganya beragama Islam dan masih tabu dengan adegan film yang ‘tidak biasa’.

Alhasil, ada beberapa film hollywood yang dilarang beredar di bioskop Indonesia karena dianggap tidak sesuai dengan peraturan yang telah diterapkan oleh pihak terkait. Apa saja ya kira-kira? Simak artikel ini sampai habis ya, untuk menemukan jawabannya.

5 Film Hollywood yang Dilarang Tayang di Indonesia

1. Fifty Shades of Grey

Yang pertama ada film rilisan tahun 2015 berjudul Fifty Shades of Grey. Film garapan Sam Taylor-Johnson ini dilarang tayang di Indonesia lantaran banyak adegan dewasa yang ditampilkan secara vulgar. Alhasil, Fifty Shades of Grey tidak bisa ditayangkan di bioskop Indonesia karena khawatir akan berdampak buruk bagi siapa saja yang menontonnya.

2. Lightyear

Tak ketinggalan, film animasi karya Disney Pixar juga tidak diperkenankan tayang di bioskop Indonesia. Bahkan, film arahan Angus MacLane ini mendapat kecaman keras dari pihak MUI dan KPAI, karena adanya adegan LGBT di dalam film tersebut.

3. Film Dilarang Tayang di Indonesia: Noah

Noah atau dalam agama Islam disebut Nabi Nuh merupakan film karya Darren Aronofsky yang mengisahkan tentang Nabi Nuh saat mendapatkan wahyu dari Tuhan. Meskipun kisah ini bisa kita temui di kitab, namun beberapa negara menganggap jika kisah yang ada di film Noah sangat menyimpang dengan fakta yang sebenarnya. Alhasil, Indonesia, Bahrain, Kuwait, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, dan Malaysia memblokir film ini.

Baca Juga: 5 Film Ini Habiskan Miliaran Rupiah Untuk Hadirkan Efek CGI Terbaik

4. Evil Dead

Evil Dead merupakan film horor hasil remake dari film The Evil Dead (1981). Inti cerita dari film ini adanya sebuah buku ‘sakti’ yang mampu membuat pembacanya menjadi jahat. Karena terdapat adegan yang sadis dan berlumuran dengan darah, LSF pun akhirnya melarang Evil Dead untuk tayang di Indonesia.

5. Dirty Grandpa

Secara umum, Dirty Grandpa merupakan film dengan genre komedi yang cukup menghibur para penontonnya. Namun, ada beberapa adegan dimana para aktor utamanya mengeluarkan kata-kata yang tidak senonoh sehingga membuat Dirty Grandpa dicekal dari Indonesia. Selain itu, film ini juga menampilkan aksi komedi yang tidak seharusnya ditonton oleh anak di bawah umur.

Baca Juga: Kumpulan Quotes Terbaik yang Ada di Film Doctor Strange 2

Itu dia guys 5 film hollywood yang dilarang tayang di bioskop Indonesia. Menurut mimin, tindakan tegas dari LSF untuk memblokir film-film tersebut sudah sangat tepat, karena apa yang kita tonton akan dapat membawa pengaruh yang tidak baik dikemudian hari. Kalau menurut kamu gimana?

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru